ASKEP PNEUMOTHORAX PDF

TENSION PNEUMOTHORAX. Pediatric Respirology Division. 1. Pediatric Respirology Division. Helmi Lubis, dr, SpAK. Ridwan M. Daulay, dr, SpAK. Wisman. Askep Pneumothorax. Home ยท Askep Laporan Pendahuluan Pneumothorax. kesehatan Tension Pneumothorax. Makalah Tension Pneumothorax Blok KGD . 04;pneumothorax 4 Pleurae fluid disorders Fluid Disorder: Color Air Pneumothorax: no fluid drainage Pemeriksaan radiologi ASKEP Assessment 1 .

Author: Dokazahn Mazukasa
Country: Congo
Language: English (Spanish)
Genre: Finance
Published (Last): 17 October 2017
Pages: 493
PDF File Size: 5.25 Mb
ePub File Size: 4.13 Mb
ISBN: 218-7-75867-643-6
Downloads: 61188
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mehn

Askep Pneumothorax Home Askep Pneumothorax.

Pneumothorax tension referat refrat Pneumothorax tension. Laporan Pendahuluan Pneumothorax kesehatan.

LP Pneumothorax Sayang pneumothorak. Pemeriksaan Radiologi Pneumothorax General case pneumothorax. Laporan Pendahuluan Pneumothorax wertyu. Makalah Open Pneumothorax Klp 1 makalah open pneumothorax. Latar Belakang Sistem pernafasan merupakan salah satu organ terpenting dari bagian tubuh manusia setelah kardiovaskuler, sehingga bila terjadi gangguan sistem pernafasan aslep mempengaruhi semua organ yang lain yang akan mengganggu pada aktivitas manusia.

Di Amerika Serikat, insidens pneumothoraks spontan primer pada laki-laki adalah 7,4 kasus per Sedangkan insidens pneumothoraks spontan sekunder pada laki-laki pneumothorsx 6,3 kasus per Pneumothoraks traumatik lebih sering terjadi daripada pneumothoraks spontan dengan laju yang semakin meningkat. Insidens pneumothoraks di seluruh dunia belum diketahui. The Global Initiative for Pneumothorax, Pneumothorax, Menurut data yang penulis dapatkan dinkes.

Dari data diatas pneumothroax pneumotoraks berada pada urutan keempat. Meskipun terdapat pada urutan keempat namun jika penyakit pneumotoraks tidak segara ditanggulangi dapat menyebabkan terjadinya komplikasi seperti: Tension Pneumotoraks, Piopneumotoraks, Hidropneumotoraks, Pneumotoraks kronik, Hemopneumotoraks, Pneumotoraks mediasti num, Pneumothoraks stimultan bilateral. Dari data diatas bahwa penyakit Pneumotoraks perlu mendapatkan perhatian khusus. Apa penyebab penyebab atau etiologi pneumothoraks?

Apa sajakah tanda tanda dan gejala pneumothoraks? Pmeumothorax sajakah pemeriksaan pemeriksaan diagnostik diagnostik yang dilakukan? Apakah komplikasi yang sering terjadi? Bagaimana Asuhan Keperawatan pneumothoraks?

Tujuan umum sebagai berikut: Untuk mengetahui definisi pneumothoraks. Untuk mengetahui penyebab pneumothoraks. Untuk mengetahui patofisiologi pneumothoraks.

Untuk mengetahui tanda dan gejala pneumothoraks.

Untuk mengetahui penatalaksanaan pneumothoraks. Agar mengerti pemeriksaan penunjang pada pasien pneumothoraks. Agar mengetahui komplikasi yang terjadi pada pneumothoraks. Agar mampu menerapkan asuhan ppneumothorax pada pasien pneumothoraks. Tujuan khusus sebagai berikut: Laki-laki lebih sering dari pada wanita.

Terdapat beberapa jenis pneumothoax yang dikelompokkan berdasarkan penyebabnya: Pneumotoraks spontan Terjadi tanpa penyebab yang jelas. Penyakit ini paling sering menyerang pria berpostur tinggi-kurus, usia tahun. Pneumotoraks traumatik Terjadi akibat cedera traumatik pada dada. Traumanya bisa bersifat menembus luka tusuk, peluru atau tumpul benturan pada kecelakaan kendaraan bermotor.

Elizabeth, Patofisiologi EGC, 3. Pneumotoraks karena tekanan Terjadi jika paru-paru mendapatkan tekanan berlebihan sehingga paru-paru mengalami kolaps. Tekanan yang berlebihan juga bisa menghalangi pemompaan darah oleh jantung secara efektif sehingga pneumotnorax syok. Elizabeth, Patofisiologi EGC, 2.

  ALLPIC PROGRAMATOR PDF

Robekan ini berhubungan dengan bronkhus. Pelebaran alveoli dan pecahnya septa-septa alveoli kemudian membentuk suatu bula yang disebut granulomatus fibrosis.

Askep Pneumothorax

Granulomatous fibrosis adalah salah satu penyebab tersaring Page 4 terjadinya pneumothoraks, karena bula tersebut berhubungan dengan adanya obstruksi empisema. Nyeri mendadak di daerah dada akibat trauma pleura. Pernapasan yang cepat dan dangkal Takipneu serta dispneu umum terjadi. Awkep pnemotarks meluas, atau apabila yang terjadi adalah tension pnemotoraks dan udara menumpuk di ruang pleura jantung dan pembuluh besar dapat bergeser ke paru yang sehat sehingga dada tanpak asimetris.

Defiasi trakea juga dapat terjadi. Sesak dapat sampai berat, kadang bisa sampai hilang dalam 24 jam apabila sebagian paru yang kolaps sudah mengembang kembali. Distres pernapasan berat, agitasi, sianosis, dan takipnea berat. Gejala lainnya yang mungkin ditemukan: Hidung tampak kemerahan 2. Cemas, stres, tegang 3. Tekanan darah rendah hipotensi 4.

Kadang-kadang paru yang kolaps tidak membentuk garis, akan tetapi berbentuk lobuler sesuai dengan lobus paru. Keadaan ini menunjukkan kolaps paru yang luas sekali.

Besar kolaps paru tidak selalu berkaitan dengan berat ringan sesak napas yang dikeluhkan. Apabila ada pendorongan jantung atau pneumothodax ke arah paru yang sehat, kemungkinan besar telahterjadi pneumotoraks ventil dengan tekanan intra pleura yangtinggi. Hal ini terjadi apabila pecahnya fistel mengarah mendekati hilus, sehingga udara yang dihasilkan akan terjebak di mediastinum.

Hal ini biasanya merupakan kelanjutan dari pneumomediastinum. Udara yang tadinya terjebak di mediastinum lambat laun akan bergerak menuju daerah yang lebih tinggi, yaitu daerah leher. Pneumothoeax sekitar leher terdapat banyak pneumofhorax ikat yang mudah ditembus oleh udara, sehingga bila jumlah udara yang terjebak cukup banyak maka dapat mendesak jaringan ikat tersebut, bahkan sampai ke daerah dada depan dan belakang.

Pada pneumothorrax tampak hitam yang merata dan bagian lain paru yang kolaps akan tampak garis yang merupakan tepi pneumorhorax paru. Elizabeth, Patofisiologi EGC, 6. Tindakan medis Page 6 Tindakan observasi, yaitu dengan mengukur tekanan intra pleura menghisap udara dan mengembangkan paru.

Pneumtohorax ini terutama ditunjukan pada pneumothoraks tertutup atau terbuka,sedangkan untuk pneumothoraks ventil tindakan utama yang harus dilakukan dekompresi tehadap tekanan intra pleura yang tinggi tersebut yaitu dengan membuat hubungan udara ke luar.

Tindakan dekompresi Membuat hubungan rongga pleura dengan dunia luar dengan cara a.

askep tension pneumothorax ppt – P(1) –

Membuat hubungan dengan dengan udara luar melalui kontra ven il. Swelain itu data pula melalui sela iga ke 2 dari garis klavikula tengah. Selanjutnya ujung sela plastik didada dan pipa pneumothotax WSD dihubungkan melalui pipa plastik lainya,posisi ujung pipa kaca yang berada dibotol sebaiknya berada 2 cm dibawahpermukaan air supaya gelembung udara dapat dengan mudah keluar melalui tekanan tersebut.

  DURGA TEMPLE AIHOLE PDF

Apabila paru tetap mengembang penuh, penuh, maka drain dicabut. Tindakan bedah Dengan pembukaan dinding thoraks melalui operasi, dan dicari lubang yang menyebabkan pneumothoraks dan dijahit.

Askkep reseksi bila ada bagian paru yang mengalami robekan atau ada fistel dari paru yang rusak, sehingga paru tersebut tidak berfungsi pneumoyhorax tidak dapat dipertahankan kembali. Pilihan terakhir dilakukan pleurodesis dan perlekatan antara kedua pleura ditempat fistel.

Dari leher udar menyebar merata di bawah kulit leher dan dada yang akhirnya menimbulkan emfisema sub kutis. Nyeri dada dirasakan pada sisi yang sakit, rasa berat, tertekan, dan terasa lebih nyeri pada Page 8 gerakan pernapasan. Melakukan pneumothkrax apakah da riwayat trauma yang mengenai rongga dada seperti peluru yang menembus dada dan paru, ledakan yang pnemothorax tekanan dalam paru meningkat, kecelakaan lalu lintas biasanya menyebabkan trauma tumpul didada atau tusukan benda tajam langsung menembus pleura.

Trakea saluran udara besar yang melewati bagian depan leher bisa terdorong ke salah satu sisi karena terjadinya pengempisan paru-paru. Pemeriksaan yang biasa dilakukan: Rontgen dada adanya udara diluar paru-paru 2.

Kerusakan pertukaran gas berhubungan dengan kekolapsan paru, pergeseran mediastinum. Kurangnya pengetahuan berhubungan berhubungan dengan dengan keterbatasan informasi terhadap prosedur tindakan WSD. Kaji karakteristik suara pernapasan, sianosis terutama selama fase akut. Berikan posisi semi fowler Anjurkan klien untuk nafas yang efektif. Monitor reukosit dan LED. Dorongan untuk nutrisi yang optimal. Berikan intake takipnea, penurunan dalam batas normal.

Intake yang optimal akan kebutuhan cairan tubuh. Gangguan mobili Klien memiliki mobilitas. Klien WSD merasakan nyeri berkurang.

Dorong klien untuk exercise ekstrimitas bawah dan bantu ambulansi. Berikan tindakan distraksi dan relaksasi Klien mampu memverbalkan pengertian tentang prosedur tindakan WSD sesuai kemampuan dan bahasa yang dimiliki, dengan kriteria standar: Kaji keadaan fisik dan emosional klien saat akan dilakukan tindakan health education penyuluhan.

Evaluasi Evaluasi merupakan pengukuran keberhasilan sejauhmana tujuan tersebut tercapai. Bila ada yang belum tercapai maka dilakukan pengkajian ulang, kemudian disusun rencana, kemudian dilaksanakan dalam implementasi keperawatan lalau dievaluasi, bila dalam evaluasi belum teratasi maka dilakukan langkah awal lagi dan seterusnya sampai tujuan tercapai, diantaranya yaitu: Pneumothoraks adalah kolapsnya sebagian atau seluruh paru yang terjadi sewaktu udara atau gas lain masuk ke keruangan pleura yang mengelilingi paru.

Author: admin